
Tren Bisnis Terbesar Tahun 2025 menandai titik tengah dari satu dekade yang telah membawa pergolakan dan transformasi mendalam di seluruh teknologi, politik, dan masyarakat.
Saat kita memasuki paruh kedua dekade ini, saya melihat sedikit alasan untuk memperkirakan laju disrupsi ini akan melambat. Bagi mereka yang ingin bertahan dan berkembang dalam lingkungan bisnis saat ini, penting untuk memahami tren yang mendorong konvergensi inovasi, ancaman, dan peluang yang dinamis ini.
Itulah sebabnya setiap tahun saya menyoroti apa yang saya yakini sebagai tren yang paling berdampak untuk tahun mendatang. Memahami hal ini sangat penting bagi siapa pun yang ingin memanfaatkannya untuk pertumbuhan dan keunggulan kompetitif. Jadi, berikut ikhtisar saya tentang tren utama yang membentuk bisnis di tahun mendatang.
Menjadi Strategis dengan AI Generatif
Selama beberapa tahun terakhir, kita terkesima dengan potensi AI generatif dan mendengar tentang bagaimana AI akan mengubah dunia. Namun, saya yakin tahun 2025 adalah tahun di mana kita akan mulai melihat organisasi melampaui sekadar sensasi dan mulai mengintegrasikan AI generatif ke dalam strategi bisnis.
Apa artinya ini? Nah, selama gelombang transformasi AI sebelumnya, kita melihat bisnis seperti Google, Amazon, dan Netflix memikirkan kembali strategi mereka dari awal hingga berpusat pada pembelajaran mendalam. Dengan melakukan ini, mereka mengubah model bisnis yang ada seperti periklanan daring, ritel, dan streaming media.
Hal ini belum terjadi dengan AI generatif, karena sebagian besar yang kita lihat melibatkan bisnis yang menambahkan fungsionalitas generatif ke layanan yang sudah ada. Menarik, tetapi tidak benar-benar transformasional.
Tahun 2025 bisa jadi merupakan tahun di mana hal ini mulai berubah, karena kasus penggunaan yang lebih strategis – yang melibatkan pemikiran ulang model bisnis seputar potensi AI generatif – mulai bermunculan. Daripada produk dan layanan yang sudah ada dengan chatbot yang terpasang, pikirkan alat dan aplikasi generatif yang memungkinkan kemungkinan yang sama sekali baru di seluruh industri perawatan kesehatan , manufaktur , pendidikan , dan banyak industri lainnya.
Bisnis Berkelanjutan dan Ekonomi Sirkular
Didorong oleh tekanan regulasi dan permintaan konsumen, peralihan menuju praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan pasti akan menjadi pendorong utama perubahan pada tahun 2025.
Pengembangan ekonomi sirkular – yang berfokus pada penggunaan kembali material dan daur ulang sumber daya dalam sistem “lingkaran tertutup” untuk mengurangi limbah dan meminimalkan jejak lingkungan merupakan fokus utama.
Yang penting, ini bukan hanya tentang “greenwashing” atau menghindari kerusakan reputasi. Atau bahkan ancaman denda karena tidak mematuhi peraturan lingkungan. Semakin banyak organisasi yang menemukan bahwa bisnis hijau adalah bisnis yang baik. Misalnya, produsen yang beralih menggunakan produk yang lebih tahan lama dan dapat digunakan kembali mengurangi ketergantungan mereka pada bahan baku yang semakin langka dan mahal. Dan dengan beralih ke kendaraan listrik, operator armada menuai manfaat dari bahan bakar yang lebih murah dan biaya perawatan yang lebih rendah.
Namun, yang paling mendesak dari semuanya adalah kebutuhan untuk mengimbangi perubahan tuntutan pelanggan, dengan data yang secara meyakinkan menunjukkan bahwa sertifikasi ramah lingkungan merupakan faktor utama dalam keputusan pembelian.
Hiperotomatisasi dan Perusahaan Cerdas
Gagasan tentang perusahaan cerdas telah menjadi ambisi selama beberapa waktu. Namun, seiring perusahaan menjadi percaya diri dalam menggunakan AI secara strategis, melampaui uji coba dan pembuktian konsep, kita akan mulai melihatnya menjadi kenyataan pada tahun 2025. Bayangkan sebuah perusahaan yang datanya mengalir lancar antar departemen – dari pemasaran dan penjualan hingga penelitian dan pengembangan, produksi dan rantai pasokan – yang semuanya terhubung oleh algoritma cerdas yang menganalisis informasi secara real-time, untuk memprediksi permintaan, mengidentifikasi tantangan sebelum menjadi masalah, dan beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar atau perilaku pelanggan. Selain “pekerjaan pengetahuan” atau pengambilan keputusan ini, semakin banyak pekerjaan aktual, mulai dari berkomunikasi dengan pelanggan hingga memilih dan mengemas pesanan dan melakukan pengiriman, juga akan semakin otomatis.
Memahami dan beradaptasi dengan perubahan besar yang akan terjadi pada masyarakat akan melibatkan mitigasi risiko teknologi, termasuk keamanan dan bias data AI, serta implikasinya terhadap pekerjaan manusia dan masa depan pekerjaan. Kita dapat memperkirakan hal ini akan terus menjadi topik hangat perdebatan selama tahun mendatang.
Pengalaman Pelanggan Adalah Raja
Pada tahun 2025, pengalaman pelanggan (CX) akan semakin dilihat sebagai pembeda utama antara penyedia barang dan jasa yang bersaing. Seiring dengan semakin matangnya pasar dan pembeli menjadi lebih selektif, bisnis yang unggul dalam memberikan pengalaman yang bebas hambatan, sangat personal, dan berkesan akan menemukan bahwa mereka berada dalam posisi yang baik untuk mengungguli pesaing. Kita semakin tahu bahwa lebih dari sekadar bersaing dalam hal kualitas dan harga, konsumen mengharapkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan mereka, dengan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka dan kualitas yang sangat baik secara konsisten.
AI dan analisis data memungkinkan bisnis mengumpulkan wawasan yang lebih mendalam tentang preferensi dan perilaku pelanggan, yang memungkinkan “personalisasi hiper dalam skala besar.” Setiap interaksi diinformasikan oleh data waktu nyata, yang memastikan bahwa pelanggan merasa diperlakukan sebagai individu yang berharga. Strategi omnichannel juga menjadi lebih canggih, yang memastikan transisi yang lancar antara titik kontak online dan offline serta memberikan pengalaman merek yang terpadu, terlepas dari di mana atau bagaimana mereka memilih untuk terlibat. Ini berarti bisnis yang menempatkan pengalaman pelanggan di jantung dari semua yang mereka lakukan akan menuai hasilnya pada tahun 2025.
Ketahanan di Era Ketidakpastian
Mengatakan bahwa kita menghadapi ketidakpastian seputar kondisi ekonomi dan masalah keamanan internasional saat memasuki tahun 2025 adalah pernyataan yang meremehkan. Konflik yang sedang berlangsung di berbagai wilayah termasuk Ukraina dan Timur Tengah, di samping ketidakpastian ekonomi dan kondisi pasar yang berfluktuasi, semuanya menciptakan tantangan bagi bisnis. Kebutuhan organisasi untuk mengembangkan kapasitas agar dapat bertahan dan beradaptasi dengan gangguan ini—yang dikenal sebagai ketahanan—akan menjadi pokok bahasan utama selama tahun mendatang.
Lebih dari sekadar “menahan badai,” ketahanan berarti mengembangkan kemampuan untuk menanggapi hal-hal yang tidak terduga, dengan cepat beradaptasi ketika kondisi mengharuskannya, ke dalam fondasi bisnis. Memahami bagaimana risiko seperti gangguan rantai pasokan, kekurangan keterampilan, dan bahkan kemungkinan pandemi di masa mendatang dapat memengaruhi operasi sangat penting untuk membangun kapasitas dalam menanggapi secara proaktif.
Dengan kemampuan prediktifnya, teknologi seperti AI pasti akan berperan. Namun, penerapan praktik tangkas, termasuk rantai pasokan dinamis dan manajemen tenaga kerja yang fleksibel, juga demikian. Mengabaikan pelajaran yang dipelajari selama pandemi pada awal dekade ini jelas merupakan kesalahan besar, tetapi pesan utamanya adalah untuk mengantisipasi – dan bersiap menghadapi – hal yang tidak terduga.
Saat kita memasuki tahun 2025, jelas bahwa bisnis harus siap beradaptasi dengan lanskap yang berkembang pesat. Dari memanfaatkan AI generatif hingga merangkul keberlanjutan dan meningkatkan pengalaman pelanggan, tren yang membentuk masa depan sangat menarik dan transformatif. Dengan tetap proaktif dan membangun ketahanan dalam menghadapi ketidakpastian, perusahaan dapat memposisikan diri untuk tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang di tahun mendatang.